Info Terbaru 2022

Sumber Lemak Yang Harus Dihiendari Dalam Diet Anti-X

Sumber Lemak Yang Harus Dihiendari Dalam Diet Anti-X
Sumber Lemak Yang Harus Dihiendari Dalam Diet Anti-X
Konsumsi Sumber Lemak yang Harus Dihindari dalam Diet Anti X (hipertensi, diabetes, peningkatan level lemak darah / trigleserida & kolesterol dan obesitas) - Kecukupan lemak sehat sangat bermanfaat untuk mendukung kinerja metabolisme lebih aktif. Ada beberapa sumber lemak yang di batasi konsumsinya bahkan harus dihindari selama menjalani diet anti X. Berikut ini uraian materi makanan sumber lemak :

A. Susu dan Susu Fermentasi

Susu yaitu sumber lemak sehat yang banyak mengandung asam lemak esensial. Sayangnya nutrisi pada susu sulit dicerna, terutama ketika usia semakin bertambah. Menipisnya produksi enzim alami yang dihasilkan tubuh terutama lactase menyulitkan pencernaan gula susu (laktosa). Keterbatasan dalam memproduksi enzim pencernaan akan menjadi beban tambahan bagi penderita sindrom X. 

Susu apapun yaitu hidangan terlarang selama Anda menjalani diet Anti X termasuk susu formula untuk diet dan susu khusus bagi penderita diabetes yang banyak di pasaran. Susu formula modern tidak layak untuk dikonsumsi oleh individu yang mengalami resistensi insulin. Sekalipun susu tersebut difortifikasi dengan aneka macam mineral tambahan atau kalsium tambahan, tetap jauh berbeda dengan mineral alami yang terdapat pada susu alami.

Adsorpsi kalsium yang berlebihan dalam darah akan menghalangi unsur magnesium dalam tubuh. Hal ini akan beresiko pada individu yang mengalami sindrom X. Magnesium sangat dibutuhkan bagi tubuh untuk mengatasi gula dan insulin. Kecukupan magnesium mempunyai kegunaan untuk produksi enzim, menjaga kestabilan tekana darah, serta mencegah serangan jantung.

Konsumsi susu sanggup menurunkan kepekaan terhadap insulin. Hal ini terjadi alasannya susu akan menguras cadangan kromium yang ada di dalam tubuh dan menjadikan defisiensi kromium yang akan mendorong resistensi insulin menjadi semakin parah.

Bagi Anda yang menjalani diet anti X, Anda boleh mengonsumsi susu yang telah di fermentasi menyerupai yoghurt, kefir, dadih, dan keju.

Produk susu fermentasi atau susu probiotik mempunyai ragam manfaat antara lain :
  1. Nutrisi yang tepat dalam susu fermentasi sanggup diserap tubuh dengan baik.
  2. Fermentasi menciptakan produk susu sangat baik untuk usus.
  3. Mengandung banyak nutrisi esensial yang dibutuhkan oleh tubuh.
  4. Yoghurt sanggup membantu menurunkan berat tubuh dan mengatasi resistensi insulin.
  5. Dapat menurunkan tekanan darah tinggi.
  6. Nutrisi pada susu fermentasi sangat gampang dicerna oleh lambung dan usus.
  7. Susu fermentasi banyak mengandung nutrisi mikro yang dibutuhkan oleh tubuh.
  8. Susu fermentasi juga mengandung vitamin dan mineral penting.
  9. Bakteri baik yang terdapat pada yoghurt sanggup menghidupkan tumbuhan usus yang baik bermanfaat untuk mendukung sensitivitas terhadap insulin dan sanggup meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 
  10. Yoghurt berglikemik rendah yang sarat nutrisi yang sanggup mengenyangkan perut dan memberi kepuasan pada otak untuk tidak ketagihan gula.
Jika Anda tidak suka dengan yoghurt murni yang rasanya hambar, Anda sanggup mencampurnya dengan aneka buah-buahan segar, atau menambahkan sedikit abu cokelat hitam (dark coklat), atau di tambahkan sedikit kayu manis.

B. Daging Merah

Sejumlah studi mengatakan, konsumsi daging merah seharusnya dihindari oleh penderita sindrom X. Para mahir biologi molekuler mengatakan, individu yang kebal terhadap insulin mempunyai gen khusus yang menciptakan kepekaannya terhadap daging merah. Secara umum, individu yang mempunyai level gula dan insulin tinggi mempunyai kepekaan yang tinggi terhadap daging merah.

Kandungan yang terdapat dalam daging merah yaitu zat besi-heme yang tinggi yang menjadi biang kerok sel menjadi kebal terhadap insulin.

Daging merah juga mengandung zat besi, kalau mengonsumsi makanan yang tinggi zat besi justru berbahaya bagi tubuh. Kelebihan zat besi berpotensi akan merusak keutuhan sel. Persenyawan zat besi dengan oksigen menghasilkan gugus hidroksil yang mengakibatkan sel cepat bau tanah bahkan mati, selain itu penumpukan zat besi sanggup mengakibatkan penurunan libido, merontokkan rambut, khusus pada wanita, payudara akan abses serta sering mengalami gangguan menstruasi

C. Daging Unggas yang Dihasilkan oleh Peternakan Modern( Daging Ras)

Bagi Anda yang menjalani diet anti X, Anda harus menghindari konsumsi olahan daging ayam ras. Pastikan daging ayam yang Anda konsumsi yaitu daging dari hasil ternak tradisional ( daging ayam kampung, daging itik, atau unggas lain).

Kandungan dalam daging ras atau daging hasil peternakan modern sebagai berikut :
  1. Dalam dagingnya mengandung lemak esensial yang sedikit.Mengandung kalori dan kolesterol yang tinggi
  2. Banyak mengandung zat-zat tidak alami menyerupai : penggunaan antibiotik
  3. Mengandung hormon pertumbuhan yang tidak alami.
  4. Mengandung aneka macam komplemen ternak yang akan menambah jumlah zat tidak alami pada daging.

D. Daging Olahan

Sejumlah studi menyampaikan bahwa daging olahan yang gampang Anda peroleh di pasar tradisional , di supermarket, atau restoran cepat saji jelek bagi kesehatan Anda. Produk daging olahan misalnya : Sosis, ham, daging kalengan, nugget, fried chicken, produk makanan daging cepat saji.

Beberapa alasan yang mendasari individu yang menjalani diet anti X untuk menghindari konsumsi makanan daging olahan instant dan cepat saji sebagai berikut :
  • Daging olahan yang mengandung materi tambahan pangan dalam takaran tinggi menyerupai TBHQ (Tertiary Butyl Hydroxiquinone) bersifat exitotoxin pemicu obesitas.
  • Daging olahan yang mempunyai pengaruh jelek alasannya mengandung materi tambahan aneka macam antioksidan sintesis menyerupai BHA(Butylated Hydroxy Anisol), BHT (Butylated Hydroxy Toulene)
  • Daging olahan yang mengandung materi tambahan berbahaya dengan kadar yang sangat tinggi menyerupai zat antibusa, zat pewarna, zat perenyah, penguat rasa.
  • Makanan cepat saji yang mengandung banyak kalori, baik berupa karbohidrat ataupun lemak yang tinggi. Asupan kalori yang berlebihan tidak baik bagi tubuh.
  • Daging olahan yang mengandung banyak lemak trans berbahaya bagi tubuh. Lemak trans yaitu lemak paling jelek yang menjadi provokator sindrom X. Lemak trans bersahabat dalam makanan modern yang serba praktis.
  • Produk daging olahan yang mengandung aneka materi tambahan pangan sintesis yang ditambahkan ketika pengolahan layak disebut makanan sampah (junk food).

E. Ikan dalam Kaleng

Ikan segar merupakan hidangan sehat yang sangat dianjurkan dalam diet anti X. namun, ikan yang telah diproses dan di kalengkan bukan lagi sebagai hidangan sehat yang sanggup Anda konsumsi selama mengikuti diet anti X. 

Pemprosesan yang berlebihan, secara bertahap, dan terlalu usang hingga ikan siap dikalengkan akan menghilangkan sejumlah besar asam lemak esensial, mengurangi kandungan omega-3, dan mengurangi sejumlah asam amino esensial.

Penambahan bumbu yang tidak alami, penambahan MSG, mengandung materi logam berat, penambahan alumunium dan penambahan materi pengawet ketika ikan dikalengkan menambah formasi panjang zat tidak alami yang mengakibatkan ikan kaleng sebagai hidangan tidak sehat yang harus Anda hindari. Itulah beberapa sumber lemak yang harus anda hindeari ketika menjalani jadwal diet Anti-X (hipertensi, diabetes, peningkatan level lemak darah / trigleserida & kolesterol dan obesitas). [ Halaman selanjutnya : Prinsip Diet Anti X Ke 7 : Menjauhkan Diri dari Lemak Trans ].
Advertisement

Iklan Sidebar